WeCreativez WhatsApp Support
Admin kami akan segera menjawab pertanyaan kamu mengenai liburan.

Specific Date

Upacara Adat Penti Wae Rebo + Overland Flores 4D3N

Rp 4.500.000

Tour type: Specific Date
Maximum number of people: Unlimited
Location: Indonesia, Labuan Bajo, Desa Wae rebo, Desa Denge, Desa Adat Bena, Desa Moni, Spiderweb Ricefields, Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Rate:
Adults:

Upacara Adat Penti merupakan upacara adat tahunan masyarakat Wae Rebo sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada arwah leluhur.  Upacara Adat ini pun menjadi daya tarik turis untuk datang ke Wae Rebo.

November adalah waktu tepat untuk mengunjungi Wae Rebo, sebuah desa tradisional di Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Di bulan tersebut masyarakat Wae Rebo akan merayakan Penti yang merupakan upacara adat turun temurun.

Lokasi Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.200 mdpl. Menjadikannya disebut desa di atas awan. Saat datang ke desa ini kita akan di sambut udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Bentuk rumah di sini tidak seperti di pedesaan pada umumnya. Desa Wae Rebo hanya memiliki 7 rumah yang atapnya berbentuk kerucut. Mbaru Niang adalah sebutan untuk rumah adat khas Waerebo. Ketujuh rumah ini letaknya berdekatan dan membentuk hampir setengah lingkaran di halaman perkampungan.

Penti menjadi salah satu daya tarik bagi traveler untuk mengunjungi Wae Rebo. Upacara Penti biasanya diadakan di pertengahan November, sebagai bulan awal bercocok tanam dan pergantian tahun. Masyarakat Manggarai dari desa lainnya pun akan datang menghadiri upacara tersebut.

Upacara Penti berpusat di Mbaru Gendang, satu dari tujuh rumah tradisional yang ada di Waerebo. Ritus bermula dari tembang yang didendangkan oleh tetua adat dengan diiringi gendang. Setelah itu barulah prosesi dilanjutkan menuju lingko, sumber air, dan kuburan leluhur. Kemudian, mereka kembali lagi ke Mbaru Gendang. Prosesi ini dilakukan untuk mengundang arwah leluhur untuk mengikuti upacara Penti. Saat perayaan, tarian caci juga ditampilkan di halaman rumah Mbaru Gendang.

Sore hari, di compang atau altar panembahan, upacara Boa dilakukan oleh tetua adat dengan mempersembahkan ayam untuk menghormati para roh leluhur.

Malam hari, upacara pemberkatan dibarengi dengan mempersembahkan hewan seperti ayam dan babi. Upacara ini dilakukan di masing-masing rumah yang ada di Waerebo. Pada puncaknya, Lantunan tembang adat akan menggema saat malam perayaan Penti.

Selain merasakan pengalaman istimewa di Waerebo, trip kali ini kamu juga akan singgah ke Desa Adat Bena di Bajawa dan Danau Kelimutu di Ende.

kemanalagi ? kesini aja ..!

Loading Maps
There is no review
You must log in to write review