Resolusi Traveling 2016 !

Resolusi Traveling 2016 !

Jakarta – Tahun baru, saatnya mengumpulkan target dan keinginan yang akan dicapai selama satu tahun ini. Selain resolusi keseharian, ada juga resolusi traveling.

Jangan hanya menyebutkan destinasi impian saja. Tapi cobalah untuk berubah menjadi traveler yang lebih baik.  Inilah resolusi traveling yang bisa kamu contoh:

1. Konsisten tidak buang sampah sembarangan

Mudah dikatakan, tapi sulit sekali konsiten dilakukan. Membuang sampah di tempatnya bisa jadi hal sepele jika terdapat banyak tempat sampah di sekeliling.

Namun apa jadinya jika tak ada tong sampah. Pasti rasanya ingin langsung membuangnya di mana saja. Inilah yang harus jadi resolusi. Konsisten tidak membuang sampah sembarangan di manapun.

Caranya, bawalah satu kantung plastik kosong yang bisa jadi tempat sampah temporer. Nanti, kamu bisa membuangnya di tong sampah terdekat.

Ini juga berlaku saat naik gunung atau sedang trekking. Jangan meninggalkan sampah sembarangan dan tak mengambilnya lagi. Sayangi bumi mulai tahun ini.

2. Lebih ramah dengan alam

Resolusi selanjutnya adalah lebih ramah dengan alam. Banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan tidak menggunakan sabun saat mandi atau mencuci di sungai.

Atau, tidak membuang tisu sembarangan saat buang air di alam terbuka. Lalu, tidak sembarangan mematahkan ranting pohon apalagi menyabut pohon.

Di laut, jangan buang sampah apapun. Saat sedang snorkeling, usahakan untuk tidak menyentuh biota apapun, termasuk terumbu karang. Yuk dicoba!

3. Cintai penduduk dan produk lokal

Kamu bisa ramah terhadap turis asing atau bisa dengan mudah membeli barang impor. Kenapa tidak mulai lebih ramah terhadap penduduk lokal dan lebih sering membeli produk lokal.

Saat sedang traveling, perbanyaklah mengobrol dengan penduduk lokal. Banyak hal yang bisa dibicarakan, termasuk mendapatkan informasi mengenai destinasi baru yang mungkin belum banyak diketahui turis.

Sedangkan cara mudah mencintai produk lokal adalah dengan membeli kerajinan tangan saat traveling. Tapi dengan syarat, jangan terlalu sadis dalam menawar. Jika harganya agak mahal, boleh saja ditawar. Tapi jangan terlalu parah sampai mereka merasa dirugikan.

4. Jangan bersikap berlebihan

Tahun lalu, begitu banyak traveler yang berlebihan. Selfie sampai membahayakan diri sendiri. Ada juga yang selfie sampai merusak objek wisata.

Di tahun ini, cobalah menjadi traveler yang tak terlalu berlebihan. Tak perlu berusaha terlalu jauh untuk mendapatkan foto yang sempurna. Semua ada porsinya.

Tak sempurna tak selamanya buruk. Justru dengan foto yang tetap dalam aturan membuat kamu terlihat seperti traveler yang bertanggung jawab dan taat aturan.

5. Kurangi pemakaian gadget

Saat ini, gadget sudah jadi bagian dari hidup. Tak pernah terbayangkan rasanya jauh dari ponsel atau tablet. Namun, terlalu menempel dengan gadget membuat kamu kurang menikmati perjalanan yang sesungguhnya.

Jalan sedikit potret, maju sedikit selfie. Pindah lokasi harus check in. Kapan kamu bisa menikmati alam dan suasana sekitar?

Cobalah kalahkan keinginan untuk terus memegang gadget dan fokuskan lebih untuk menikmati liburan itu sendiri. Karena alam yang indah ini terlihat lebih indah di mata langsung, dibanding dari lensa kamera terus menerus.

credit articel to Faela Shafa on detikTravel.com

Tags:

Post Discussion

Be the first to comment “Resolusi Traveling 2016 !”