5 Tips Penting Jika Ketinggalan Rombongan Saat Liburan

5 Tips Penting Jika Ketinggalan Rombongan Saat Liburan

Jakarta – Salah seorang traveler asal Indonesia baru saja kembali ditemukan setelah hilang 4 hari di Australia. Ternyata kekacauan itu berawal dari ketinggalan rombongan. Ini 5 tips penting saat ketinggalan rombongan.

Ada banyak macam gaya liburan, ada yang sendiri ada pula yang berkelompok. Nah, saat liburan secara berkelompok, otomatis kemungkinan ketinggalan rombongan pun selalu ada. Daripada runyam, detikTravel, Senin (16/2/2015) mengumpulkan 5 tips penting saat ketinggalan rombongan:

[accordion]
[acc_item title=”1. Cari pusat informasi“]

Seringnya, traveler yang pergi bersama kelompok pasti akan mendatangi objek-objek wisata terkenal. Banyaknya wisatawan yang datang membuat sebuah tempat itu memiliki fasilitas wisata yang lengkap termasuk pusat informasi.

Jadi, saat terlepas atau hilang dari rombongan, segera cari pusat informasi untuk mengumumkan keberadaan Anda. Jika beruntung, Anda bisa langsung berkumpul kembali dengan rombongan.

Ada baiknya juga, sebelum berangkat ada imbauan untuk membuat titik pertemuan atau meeting point. Misal jika ingin melancong ke pasar, pastikan satu titik berkumpul seperti di depan pintu masuk. Dengan begitu, setidaknya Anda tahu harus pergi ke mana saat lepas dari rombongan.

[/acc_item]
[acc_item title=”2. Mencari WiFi“]

Jika di dalam negeri, sinyal bukanlah masalah besar. Beda cerita jika liburan ke luar negeri di mana banyak traveler yang menggantungkan telekomunikasi pada jaringan WiFi. Saat kehilangan rombongan, otomatis Anda ingin menghubungi teman sekelompok.

Jika tak punya kartu SIM, cari saja WiFi. Jika tak ada jaringan WiFi di dekat Anda, carilah area yang punya jaringan internet tersebut. Jangan kecil hati, karena dari semua WiFi yang tersedia, pasti ada yang tak perlu pakai password. Segera sambungkan internet dan kirim pesan ke teman sekelompok.

[/acc_item]
[acc_item title=”3. Datangi tempat wisata selanjutnya“]

Penting hukumnya untuk mengetahui jadwal selama liburan. Ini sangat berguna saat Anda ketinggalan rombongan. Misal sudah tidak bisa menemukan teman sekelompok di tempat Anda hilang, segera menuju tempat wisata selanjutnya.

Bisa berkeliling, bisa juga menunggu di pintu masuk atau pintu keluar. Dengan begitu, kemungkinan untuk bertemu dengan teman sekelompok di objek wisata tersebut pun lebih besar.

[/acc_item]

[acc_item title=”4. Hemat baterai ponsel“]

Saat ini, gadget sangatlah penting. Apalagi saat ketinggalan rombongan, maka ponsel dengan baterai yang terisi jadi benda yang berguna. Kemungkinan besar banyak dari teman sekelompok Anda yang akan berusaha menelepon atau menghubungi.

Terbayang kan jika tidak ada baterai, bagaimana jika ada yang menghubungi? Jadi pastikan untuk menghemat baterai ponsel saat terlepas dari rombongan. Gunakan ponsel hanya pada saat-saat yang penting.

[/acc_item]

[acc_item title=”5. Kembali ke hotel“]

Langkah terakhir adalah kembali ke hotel. Maka dari itu, penting juga hukumnya mengetahui di mana Anda tinggal selama liburan. Setidaknya, catat nama dan area hotel. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ketinggalan rombongan, Anda bisa kembali ke hotel sendiri.

Bayangkan apa yang terjadi jika Anda tak ingat di mana menginap. Tentu akan luntang-luntung mencari teman sekelompok di kota yang tak dikenal. Siapkan diri dengan matang sehingga takkan bingung lagi saat ketinggalan rombongan.

[/acc_item]
[/accordion]

 

Sumber:
http://travel.detik.com/
Faela Shafa – detikTravel

Post Discussion

Be the first to comment “5 Tips Penting Jika Ketinggalan Rombongan Saat Liburan”