16 Manfaat Traveling, ayo cari tahu !

16 Manfaat Traveling, ayo cari tahu !

Tak harus dilakukan untuk jarak yang sangat jauh, travelling juga bisa kok dilakukan di lingkungan sekitar rumah kamu dengan biaya yang relatif murah. Coba saja sesekali kamu memperhatikan lingkungan di sekeliling kamu, tandai wilayah mana saja yang belum sempat kamu eksplor selama ini. Ini akan jadi rencana liburan yang menyenangkan di akhir pekan, lho! Travelling juga nggak perlu menunggu waktu hingga kamu tua dan mapan. Selagi muda dan masih punya banyak energi, usahakan deh supaya kamu lebih banyak travelling. Kenapa? Karenatravelling memberikan dampak positif dan manfaat bagi pelakunya. Inilah manfaat travelling bagi perkembangan diri kamu.

1. BERANI MENGHADAPI TANTANGAN

Menyusuri kota yang baru kamu kunjungi saat travelling, akan menjadi pengalaman yang menegangkan, sekaligus mengasyikkan. Apalagi kalau kamu melakukan travelling-nya sendirian, tidak ikut dengan grup turis atau janjian bersama geng kamu. Saat travelling sendirian inilah, kamu akan merasakan bagaimana harus keluar dari zona nyaman menjadi individu yang mandiri. Bayangin deh, kalo di perjalanan kamu tersasar di daerah yang sangat asing buat kamu. Tentu kamu akan belajar untuk bisa survive di kondisi yang serba mandiri dan berani menghadapi setiap tantangan yang ada di depan kamu.

2. MEMBANTU MENINGKATKAN PERCAYA DIRI

Liburan ke lokasi baru yang menarik akan membuat kamu merasakan hal-hal baru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Dan perjalanan akan memberikan rasa kebebasan kepada diri kamu, karena dalam perjalanan kamu bisa belajar banyak hal tentang kemandirian dan bertanggungjawab menghadapi setiap tantangan. Setiap tantangan yang berhasil kamu atasi dalam perjalanan dan pengalaman-pengalaman baru yang kamu temukan, akan membantu kamu lebih percaya diri.

3. MENEMUKAN HAL YANG MENURUTMU PALING PENTING DALAM HIDUP

Di kota, manusia cenderung membeli berbagai barang mewah yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok. Perjalanan membuat kamu terpaksa membawa barang yang benar-benar kamu butuhkan dibandingkan dengan barang yang kamu inginkan. Kamu akan menyadari, ternyata dengan barang yang seadanya tersebut, kamu masih bisa hidup dengan layak dan bahagia. Kamu akan belajar tentang kesederhanaan dan kamu akan menyadari yang kamu inginkan tidak sepenuhnya perlu kamu turuti untuk dibeli.

4. MENJADI PRIBADI YANG LEBIH CERIA

Setiap orang yang melakukan travelling tentu bertujuan untuk mengurangi tingkat stres yang mereka rasakan bila jenuh dalam rutinitas pekerjaan yang membosankan. Stres membuat seseorang terlihat lebih tua dan mudah marah. Maka, diperlukan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, jogging di akhir pekan, berlibur ke tempat yang tenang, tentu akan membantu kamu menghilangkan semua rasa stress dan penat. Kamu akan merasakan lebih fresh, ceria, dan lebih bersyukur atas karunia yang kamu dapatkan selama ini berkat travelling secara rutin.

5. BELAJAR MEMPERSIAPKAN SUATU HAL LEBIH MATANG

Berpergian sendirian membuat kamu lebih mandiri karena dalam perjalanan kamu mungkin akan menemukan hambatan-hambatan sepanjang perjalanan, misalnya seperti ketinggalan bus, tas yang hilang di bagasi pesawat, atau tersesat. Dari kumpulan masalah-masalah tersebut, kamu akan belajar berpikir keras untuk mengatasinya sendirian atau paling tidak kamu bisa belajar bagaimana persiapan perjalanan yang lebih matang di masa yang akan datang. Hal ini akan membuat dirimu lebih berhati-hati dan mengambil keputusan secara bertanggungjawab.

6. MUDAH BERADAPTASI TERHADAP LINGKUNGAN BARU

Akan banyak kendala yang bisa kamu temukan selama perjalanan, seperti tersasar, pesawat yang penerbangannya tertunda, tidak memahami wilayah yang baru dikunjungi, jalan yang rusak, makanan yang tidak sesuai dengan selera kamu, dan banyak hal lainnya yang membuat perjalanan kamu mungkin tidak begitu terasa nyaman. Kondisi serba terbatas dan serba tidak mengenakkan ini akan membuat kamu belajar menerima keadaan dan situasi terburuk dengan lapang dada. Kamu pun dipaksa untuk segera move on dari rasa jengkel dan amarah dari situasi yang tidak menyenangkan sehingga kamu akan merasa lebih rileks, percaya diri, dan optimis memandang dunia.

7. MEMBAWA DIRI KAMU KEPADA PETUALANGAN BARU

Ingat saat masa kecilmu senang bermain video games? Setiap menyelesaikan suatu petualangan, pasti karakter kamu akan segera naik level ke petualangan yang lebih seru selanjutnya. Begitu pun dengan travelling. Setiap satu kali perjalanan travelling, kamu akan belajar menjadi lebih mandiri dalam menghadapi persoalan-persoalan yang akan kamu temukan sepanjang perjalanan, seperti masalah penginapan, rute, transportasi, dan hal-hal lain yang membutuhkan keputusan tepat dari diri kamu sendiri. Dari sini, kamu akan semakin terpacu untuk mengeksplorasi hal baru yang ingin kamu pelajari dan keluar dari zona nyaman.

8. MENGASAH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Beberapa orang mungkin merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang yang baru ditemui pertama kali. Berpergian sendirian akan menantang diri kamu untuk berani berkomunikasi dengan orang yang baru kamu temui ataupun warga lokal tempat liburanmu yang sebelumnya belum pernah kamu kenal. Setiap perjalanan yang kamu lakukan, membuat kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang berpikiran terbuka dan luas, sehingga kamu akan dengan mudah masuk ke dalam pembicaraan bersama orang asing yang baru kamu kenal. Hal ini berguna lho jika kamu sewaktu-waktu tersesat dan perlu bertanya kepada orang lokal di sekitar kamu!

9. MEMBUKA SUDUT PANDANG BARU

Semakin banyak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, kamu akan merasakan suasana yang berbeda dengan kondisi budaya yang berbeda-beda pula. Di setiap tempat yang baru, kamu akan belajar tentang kebiasaan orang lokal, bahasa, budaya, sejarah, kuliner, dan berbagai hal baru yang menarik sehingga menarik rasa penasaran kamu untuk terus tumbuh, sehingga kamu akan belajar dan dipenuhi dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang kamu temukan dalam setiap destinasi. Dengan banyaknya penemuan baru ini, maka sudut pandang kamu terhadap dunia pun akan berubah dan lebih luas dan kamu akan berpikiran lebih terbuka dari orang kebanyakan.

10. MENGASAH KONTROL TERHADAP EMOSI DIRI

Semakin banyak pengalaman travelling yang kamu miliki, tentu akan membuat pengalaman kamu berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang menjadi semakin luas. Ini tentu akan sangat bagus bagi perkembangan emosi anak muda yang terkadang masih seringkali meletup bila terdapat hal yang mungkin tidak sesuai dengan rencana atau kemauannya. Travelling membantu kamu untuk lebih menghargai ketidaknyamanan yang mungkin terjadi dalam perjalanan dan mendorong agar emosi kamu segera stabil dan tetap tenang selama terjadi masalah.

11. BELAJAR BAHASA BARU

Dalam perjalanan menuju suatu destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, tentu di sekitar banyak sekali orang yang bisa kamu temui sepanjang perjalanan, dan bisa kamu ajak berkomunikasi sekaligus mengasah kemampuan kamu menggunakan bahasa setempat. Belajarlah untuk lebih percaya diri menyapa turis lain terlebih dahulu dengan membuka diri agar membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa, setidaknya untuk mengucapkan salam dan terimakasih dalam bahasa setempat. Manfaat waktu liburan kamu untuk belajar bahasa secara maksimal bersama native speaker di kota tersebut. Dengan melakukan hal ini secara rutin setiap melakukan perjalanan, kamu pun akan menjadi lebih pandai dalam bersosialisasi dengan orang lain dan mudah beradaptasi.

12. BELAJAR MENGENALI DIRI LEBIH DALAM

Orang bilang, travelling bukan boros uang, namun dengan travelling, artinya kita menukar uang yang sudah kita kumpulkan untuk ditukar dengan segudang pengalaman seru yang berbeda-beda saat mengunjungi berbagai destinasi wisata yang tersebar di Indonesia maupun luar negeri. Travelling dengan intensitas yang sangat tinggi akan membantu kamu untuk lebih berani mengambil keputusan, dan menentukan arah perjalanan yang sesuai dengan kondisi internal maupun eksternal diri kamu. Kamu juga belajar tentang bagaimana memahami keinginan dan kebutuhan diri, dan mengenali diri lebih dalam dengan berpikir lebih logis dan tajam tentang persiapan masa depan.

13. MENIKMATI MOMEN LEBIH BAIK

Beberapa orang mungkin menganggap liburan hanya sebagai pengobat rasa penat atau sebagai ajang mengumbar eksistensi diri agar bisa mengunduh foto narsis liburan. Padahal, manfaat travellingtidaklah sedangkal itu. Banyak yang bisa diperoleh seseorang dalam proses perjalanan ke destinasi liburan yang dituju. Menemukan budaya baru, tempat baru, dan suasana baru membuat kamu bisa lebih menikmati momen hidup dengan lebih tenang dan memahami tentang kehidupan ini secara utuh sehingga kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak. Bayangkan saja, jika kamu liburan ke raja ampat dengan transportasi yang masih sulit dan mahal dengan usaha menabung yang tekun untukmencapai tempat liburan impian ini. Selain menyenangkan mimpi kamu segera terwujud, tentu kamu akan lebih menikmati momen liburan di raja ampat dengan lebih dalam, bukan?

14. MENJADI LEBIH SABAR

Berpergian dengan rombongan tur atau teman akan memaksa kamu mengenali beragam karakter mereka yang mungkin berkebalikan dengan karakter kamu. Kebiasaan berbeda ini yang seringkali menimbulkan konflik yang membuat harimu menjadi kusut. Melihat orang yang menyerobot antrian kamu, menunggu orangtua yang membutuhkan waktu lebih lama turun dari kereta, atau kejadian lain yang menyebalkan, tentu akan membuat dirimu merasa jengkel. Namun, walaupun menyebalkan, ternyata perbedaan-perbedaan inilah yang membuat kamu menjadi pribadi yang lebih sabar dan peka terhadap sekitar.

15. TRAVELLING MENARIK PERHATIAN ORANG SEKITAR

Dengan traveling kita akan menjadi seseorang yang lebih keren. Sudah bukan bahasan yang jarang ketika seseorang traveling selalu dan hampir bisa dipastikan dia akan berpose kemudian mengambil gambar dirinya dengan background lokasi dia singgahi. Ketika lokasi itu terlihat keren, maka dapat dipastikan banyak orang yang suka dengan fotonya. Orang biasanya akan senang bergaul dengan individu yang menyenangkan dengan aktifitas-aktifitas yang seru.

16. MERASAKAN KEBEBASAN SELAMA TRAVELLING

Sudah menjadi fitrahnya, sesekali manusia ingin merasakan kebebasan, tanpa diliputi rasa beban akan pekerjaan, tanggungjawab, dan masalah sehari-hari yang seakan menyesakkan hati. Travelling akan membantu kamu mengurangi rasa stress dan kembali merasakan kebebasan dengan menikmati keindahan dunia, dan melakukan apapun yang kamu sukai selama jalan-jalan di kota baru yang sedang kamu kunjungi. Lupakan sejenak rasa bosan dan jenuh!

Ada yang mau menambahkan ??

Tags:, ,

Post Discussion

Be the first to comment “16 Manfaat Traveling, ayo cari tahu !”